"Kumpulan" Lukman

Bersama belajar, mempelajari ilmu Tuhan.

Saturday, December 13, 2014

PIDATO:Malas Biang dari Segala Biang

Malas Biang dari Segala Biang




Yang terhormat Dra. Yani Mulyani selaku guru Bahasa Indonesia
dan teman-teman yang saya cintai

Assalamualaikum Wr Wb
           Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahNya, sehingga kita dapat berkumpul pada acara dan tempat indah ini dalam keadaan sehat wal’afiat lagi selamat sentosa.

           Saya ucapkan terima kasih kepada Dra. Yani Mulyani selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memperbolehkan saya berpidato pada acara dan tempat ini.

           Saya di sini bertujuan untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema “Malas Biang dari Segala Biang”.

Teman-teman yang saya banggakan
Malas? Malas adalah sifat manusiawi atau alamiah yang dimiliki oleh seluruh manusia dan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.
Malas merupakan sifat yang cenderung merugikan manusia. Karena ketika kita tenggelam dalam kemalasan, maka kita enggan melakukan sesuatu dan tidak ada inisiatif untuk melakukan sesuatu tersebut, padahal hal tersebut mudah untuk di kerjakan.

Teman-teman yang saya cintai
Malas biasanya akan menjadi suatu hal yang akan menghalangi kesuksesan seseorang. Karena kemalasan akan cenderung terbawa sampai dewasa kelak dan akan melekat dalam kepribadian. Contohnya ketika kita menunda-nunda dalam mengerjakan tugas sekolah, maka tugas sekolah itu akan menumpuk dan tetap nantinya kita harus mengerjakannya juga. Saya yakin kebiasaan seperti ini akan melekat dan terbawa sampai nanti kita berkecimpung di dalam dunia kerja jika tidak di obati.

Selain itu, malas juga merupakan biangnya dari segala bianglain yang meliputi :
1.      Biangnya kebodohan. Karena ketika kita malas dan enggan belajar, maka niscaya kita akan menjadi orang yang bodoh. Asal kalian tahu kebodohan itu secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi pada aspek-aspek kehidupan.

2.      Biangnya kemiskinan. Kenapa bisa begitu? Karena malas itu sahabat karibnya misikin. Ketika kita malas dalam berusaha, berjuang, dan ditambah dengan kebodohan. Maka kita akan menjadi orang yang miskin. Asal kalian tahu, tidak ada orang di dunia ini yang dilahirkan langsung menjadi orang kaya. Mereka pasti terlebih dahulu berusaha, berjuang, dan belajar.

3.      Biangnya penyakit. Ya, malas merupakan biangnya penyakit karena ketika kita malas bergerak, olahraga, berpikir, dan menjaga kebersihan. Pasti kita akan sakit-sakitan. Penyakit yang disebabkan oleh malas meliputi diabetes, kolesterol, dan obesitas.

Teman- teman yang saya sayangi
Malas sebenarnya dapat kita hindari dengan mempunyai pola pikir maju. Kalian dapat menciptakan impian-impian yang indah untuk masa depan. Sehingga, kalian akan lelah terpacu untuk selalu berusaha semaksimal mungkin agar cita-cita kalian tercapai. Jika kalian tidak mempunyai impian niscaya hidup kalian  akan begitu-begitu saja dan tidak ada semangat hidup.  karena pada dasarnya orang malas itu mudah menyerah.
Oleh karena itu, hindari malas sejauh mungkin, jadikan dia musuh, bunuh dia dengan impian, dan pastikan dia tak akan hidup lagi dalam jiwa Anda. Sifat malas itu tidak ada gunanya dan hanya menimbulkan suatu yang tidak baik. Selain itu,  malas juga adalah biangnya dari segala biang mulai dari biangnya kebodohan sampai biangya penyakit.
Marilah kita hidari sekaligus obati rasa malas itu dengan tekad dan niat yang kuat diiringi basmallah.  Tetap semangat dan JURUS TANDUR (maju terus pantang mundur), Karena roda kehidupan itu akan terus berputar walau Anda hanya menganga terdiam.
Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudan pidato yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Mohon maaf apabila ada perkataan yang menyinggung perasaan ibu dan teman-teman sekalian. Sekali lagi saya mohon maaf.

Wassaalamualaikum Wr Wb

No comments:

Post a Comment