"Kumpulan" Lukman

Bersama belajar, mempelajari ilmu Tuhan.

Saturday, November 4, 2017

Bahasa Pemrograman Terpopuler 2017-2018

bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah jenis bahasa tertulis yang memberitahu komputer tentang apa yang dia harus lakukan agar dia dapat bekerja sesuai dengan yang kita inginkan. Bahasa pemrograman digunakan untuk membuat semua program yang ada di komputer dan perankgat lunak komputer. Bahasa pemrograman adalah seperangkat instruksi yang diikuti komputer untuk melakukan sesuatu.
Saat ini telah banyak terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, dan setiap bahasa pemrograman tersebut mempunyai tugas dan perannya masing-masing sesuai dengan tujuan untuk apa ia dibuat. Selain itu, setiap bahasa pemrograman juga mempunyai tingkat popularitasnya masing-masing. Berikut beberapa bahasa pemrograman berdasarkan tingkat popularitasnya:

1. JAVA
java adalah bahasa pemrograman dan platform komputasi yang dirilis pertama kali oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Terdapat berbagai aplikasi dan website yang dihasilkan programer dengan bahasa java ini. Java terkenal dengan kecepatan, keamanan, keandalannya, serta dukungan dari komunitas yang menyebabkan bahasa pemrograman ini mudah untuk dipelajari.
Rating java: 12.431%

2. C
C adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan untuk melakukan pemograman sistem pada Operasi System UNIX dan merupakan bahasa pemrograman imperative.C dikembangkan pada awal 1970 oleh Ken Thompson dan Dennies Ritchie. C adalah bahasa prosedural yang berarti bahwa orang dapat menulis program mereka sebagai serangkaian instruksi langkah demi langkah.
Rating C: 8.374%

3. C++
C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) sama seperti java. C++ dikembangakan oleh Bjarne Stroustrup, dan merupakan pengembangan dari bahasa C. Oleh karena itu, C++ mengambil nama C untuk menandai bahwa bahasa pemrograman C++ adalah C.
Rating C++: 5.007%

Berikut tabel ranking bahasa pemrograman paling populer menurut penelitian TIOBE:
No.
Bahasa Pemrograman
Rating
1.
Java
12.431%
2.
C
8.374%
3.
C++
5.007%
4.
C#
3.858%
5.
Python
3.803%
6.
JavaScript
3.010%
7.
PHP
2.790%
8.
Visual Basic .Net
2.735%
9.
Assembly Language
2.374%

Metodologi penelitian TIOBE ini didasari pada numbre of queries pada search engine populer seperti Google, Yahoo, Bing, Yahoo, Wikipedia, Amazon, Youtube, dan Baidu memakai istilah pencarian +“<language> programming”.

Sumber:
1.Wikipedia
2.TIOBE
3.Teachbeacon
4. Java

No comments:

Post a Comment