"Kumpulan" Lukman

Bersama belajar, mempelajari ilmu Tuhan.

Saturday, October 4, 2014

Struktur Contol Repeatition dalam Java



Struktur Contol  Repeatition dalam Java


    Ok, kita mulai berbagi ilmu mengenai struktur contol repeatition. kita santai saja mengenai hal ini karena saya juga sebetulnya masih newbie dalam hal ini *ups. menurut guru saya di dunia per-JAVA-an,  repeatition atau disebut juga looping adalah sebuah coding yang menjalankan perintah yang sama berulang-ulang dan akan berhenti apabila syarat yang  ditentukan telah terpenuhi. Program ini memudahkan programer dalam mengulang code yang dibutuhkan sesuai keinginan. Jadi, programer tak pusing untuk mengcopas code yang terlalu banyak. contoh 1.000 coding yang sama harus di ulang seorang programer, kalau di kopas mampukah programer melakukanya?, tentu bisa, tapi nyawa mungkin menghilang karena terlaulu dibutuhkan.

    Dalam repeatition ada 3 jenis ,yakni: While, Do-While, dan For-Loops.
  1. For-Loops
    For-Loops ini digunakan apabila kita sudah tentu berapa ingin melakukan perulangan, contoh kita ingin melakukan perulangan kurang dari 10 atau 20 atau 40.
    penulisan Statement :
       
     for (initialization express, loop condition, step expression) {
    statement
    }
    contoh for (int i = 0, i < 10, i++) {
    System.out.println(i);
    }


    Initialization express : Initilisasi dari variable loop,*maksudnya?. ya maksudnya awal sebuah nilai variable yang kita ingin ulang.

    Loop condition          : membandingkan variable loop pada batas yang di inginkan. Artinya, sampai nilai variable berapa yang ingin di ulang(syarat). contoh diatas yakni sampai kurang dari 10 jadi variable terakhirnya 9 apbila di code eksekusi.

    Step Expression          : melakukan update pada variable loop. Artinya nilai pengulangan pad variable akan di tambah berapa kalau diatas tambah satu . i++ juga diartikan ingkremen.


    Cara kerja code pada komputer
     -Komputer mengecek berapa nilai awal suatu variable yang akan diulang.
     -Kemudian di cek apakah syarat terpenuhi. kalau di atas syaratnya kurang dari 10 jadi apakah 0 kurang dari 10, jika terpenuhi maka di eksekusi di Statement atau System.out.println(i) kalau tidak maka tidak akan dieksekusi.
     -Kemudian masuk ke Step expression (i++) yakni untuk menambahkan nilai variable menjadi plus satu jadi sekarang nilai variablenya 1 kemudian masuk lagi ke loop condition. Dibandingkan lagi apakah syarat terpenuhi . jika terpenuhi dieksekusi.

    Dalam For-Loops ada dua jenis : for to do ( mengulang dari kecil kebesar) dan to don't for(mengulang dari besar ke kekecil).  untuk code to don't for ber beda dengan for to do.


No comments:

Post a Comment