"Kumpulan" Lukman

Bersama belajar, mempelajari ilmu Tuhan.

Tuesday, December 9, 2014

Cerpen: Sahabat Terlebih Dulu Pergi

 
  Di pagi hari yang indah, burung-burung berkicau, angin mengalir bagaikan air di sungai nan luas. Pagi itu tepatnya hari senin, hari dimana rutinitas aktifitas melelahkan di mulai. karena saya masih duduk di bangku kelas 2 SMA, Saya diwajibkan untuk UPACARA BENDERA. seperti Minggu2 biasa saya menyengajakan untuk berangkat siang karena males untuk hormat ke bendera(alasan yang ngawur). Biasa di sekolah saya apabila berangkat ke siangan, kalau tidak dihukum, ya paling di suruh pulang lagi karena gerbang terlanjur ditutup.


 Waktu itu, saya sudah beres jam 7.15 WIB, pakoknya udah ganteng, wangi, ganteng, baik hati, dan tidak sombong. Lantaran sudah ada niat pengen kesiangan jadi saya santai saja pagi itu. biasa sebelum berangkat saya ngopi dulu supaya kagak ngantuk lantaran malamnya saya begadang nonton bola.


  Selesai ngopi saya berniat berangkat pagi itu dengan pikiran yang sudah cemerlang dan siap untuk menerima jejelan pelajaran yang menumpuk sampe jam 14.00. baru satu langkah menginjakan jalan depan gang bahkan bayangan saya belum bergerak sama sekali, saya mendengar ada keributan  di rumah teman saya yang sudah kerja. satu keluarga nangis semua ditambah jeritan yang membuat hati gemetar.

   Dengan hati sangat penasaran, saya coba tanyakan ke orang di depan saya.
   saya: Mas, itu kenapa ya? ko pada nangis sih?
   Mas: Itu temen kamu kecelakan!!!

   Mendengar kabar tersebut perasaan saya biasa aja,karena saya berfikir memang keluarga itu agak lebay kalau urusan kecelakan. Sebelum kejadian itu juga sampe2 pada pingsan padahal yang  pihak kecelakaannya tidak apa2. selain itu, di desa saya banyak yang kecelakaan jadi seperti hal yang lumrah saja.

  Dengan fikiran tidak ada dosa saya melanjutkan epidode keberangkan saya ke sekolah yang cukup melelahkan karena jaraknya jauh sekali yakni 100m(Cukup jauh untuk jiwa yang malas). Setelah sampai dilokasi saya coba mengakali bagaimana bisa masuk ke sekolah tanpa lunturnya kegantengan saya ini(maaf narsis dikit), karena hanya ada dua pilihan dihukum dan disuruh pulang lagi. Saya menemukan ide yang brilian, yakni lompat pagar deket masjid karena disitu minim penjagaan Satpam rese.

  Ketika saya mau manjat tuh pagar ternyata dugaan saya salah ada Satpam disitu. saya coba tunggu dengan hati yang ikhlas rido lilahita 'ala, dan Satpam kampret pun pergi entah kemana, mungkin ke neraka tuh satpam udah bosen kayaknya di dunia.

 Singkat cerita sayapun sudah on class, dengan perjuangan yang sangat melelahkan sampai hidung telinga dan mulut saya berdarah keringat(maaf kalu kgk jelas). sayapun menjalankan rutinitas sekolah dengan riang gembira seperti biasa, karena saya memiliki sahabat yang seru, pelajaran yang disengi, dan guru yang asik.

  Selepas pulang sekolah, saya pun pulang menunggangi dua buah kendaraan yang menopang badan saya yaitu sepatu heheheh. sayapun sampai pada warung tempat temen-temen kampung nongkrong kaya anak cherrybell(agak bohong). saya di tegur oleh temen saya.

      Udin:  Man,loe udah tau belum berita?
      Saya:  Berita apa bro?, paling juga kalau gak cewe pasti bola waktu malem.(sangka gua)
      Udin:  Bukan kampret, ini bukan waktu becanda.
      Saya:  Terus apaaan?
      Udin:  Temen loe meninggal, tadi pagi akibat kecelakaan.
      Saya:  Yang bener? Bowo bukan?.
      Udin:  Bener, gua juga tadi udah ngemakamin tadi pagi..
      Saya:  Ah yang boong?, malemkan masih maen?.
      Udah: Iya, kalo gak percaya tanyain aja kekeluarganya.

  Saat itu jantung saya tiba-tiba seperti berhenti berenyut, saya terdiam membisu, seperti tak mau berkata sedikitpun. saya langsung teringat kenangan-kenagan bersamanya, dengan janji kita berdua yang ingin sukses bersama kelak. Menjadi ahli di bidang masing, mendobrak dunia dengan prestasi kita. Kita punya beribu kenangan yang tak mungkin hilang dalam ingatan sedikitpun. saya jadikan kau sebagai panutan karena dapat survive di tengah kehidupan kampung yang keras.

  Saya benar-benar tak habis fikir karena yang pagi tadi itu bukannya acara lebay-lebayan.  saya merasa menyesal tidak ikut memakamkan, tidak melihatnya untuk terakhir kali, tidak ikut menyolatkan sahabat karibku. selain itu, di benak saya mempertanyakan "mengapa lo pergi dengan setumpuk cita-cita kita yang belum terealisasikan?"

  Saya merasa tak punya teman lagi untuk bermain game, otak-atik komputer, bermain bola, bahkan untuk bertukar fikiran masalah cewe. tapi saya coba menenangkan diri, menghibur diri sendiri, dengan berfikir bahwa ini memang sudah jalanya. Tinggal saya yang meneruskan cita-cita ini, untuk sukses dibidang saya. Saya terus masukan fikiran2 itu pada benak saya untuk menghilangkan rasa menyesal saya, sedih saya dan rasa kecewa saya karena ditinggal Sahabat kecil.


No comments:

Post a Comment